Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka di Android

Minggu, 17 Desember 2017


Tips Cara Mengatasi WhatsApp Error, Bermasalah, dan Tidak Bisa Dibuka di Android. WhatsApp adalah salah satu #Aplikasi Messenger android gratis yang simple dan ringan saat digunakan. Salah satu aplikasi yang dibeli Oleh Facebook ini menjadi Aplikasi yang sangat populer dan memperoleh peringkat pertama dari banyaknya pengguna Aplikasi Messenger.

Dulu mungkin WhatsApp tidak begitu populer, masih kalah dengan BBM. Tapi pengguna BBM banyak yang beralih menggunakan WhatsApp dikarenakan lebih simple dan mudah digunakan serta tidak menguras banyak kuota. Sebagai Aplikasi Messenger, WhatsApp terus mengembangkan dan meng-update fitur-fitur terbaru. Terlebih sekarang ini WhatsApp tanpa Iklan dan bahkan penggunanya tidak membayar sama sekali alias gratis selamanya.

Namun sayangnya ada beberapa pengguna Android yang mengalami masalah pada aplikasi WhatsApp. Beberapa pengguna WhatsApp sering bertanya, Kenapa Whatsapp Tidak Bisa Dibuka?. Jawabannya tentu bermacam-macam karena setiap pengguna Android memiliki masalah yang berbeda-beda. Pada umumnya Aplikasi Whatsapp Yang Error Dan Tidak Bisa Dibuka biasanya muncul pesan bertuliskan “Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti” atau “Unfortunately, WhatsApp Has Stopped”.

Pesan error tersebut memang bisa terjadi pada semua perangkat Android mulai dari Oppo, Lenovo, Asus Zenfone, Xiomi, Samsung Galaxy, Advan, Acer, HTC, LG, Motorola, Meizu, Smartfreen Andromax, Sony Experia, Evercross, Vivo, dan lainnya. Namun anda tenang saja dan tidak perlu khawatir, karena kali ini saya akan membantu Mengatasi Masalah Pada Aplikasi Whatsapp Yang Error Dan Tidak Bisa Dibuka.

Mengatasi WhatsApp Android Tidak Bisa dibuka
Penyebab mengenai masalah WhatsApp yang tidak bisa dibuka ataupun muncul pesan error mungkin karena tumpukan cache yang berlebihan dan tidak pernah anda hapus. Penyebab lainnya bisa juga kerana memori RAM yang penuh karena banyaknya aplikasi berjalan dibelakang layar. Untuk mengatasinya, cobalah untuk mempraktekan metode dan langkah-langkah dibawah ini.

Metode 1 : Hapus File Cache WhatsApp
Metode pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan menghapus Cache Aplikasi WhatsApp. Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya file cache dapat mempercepat waktu anda dalam membuka aplikasi tertentu pada OS Android ataupun Windows. Tetapi jika file cache dan history yang terlalu banyak dan menumpuk pada Internal Card maka bisa-bisa dapat membuat Android serasa berat dan terjadilah aplikasi Error. Maka dari itu, untuk menghapus file cache Android, anda bisa ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “WhatsApp” » Kemudian tap “Hapus Cache”.
NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

BACA JUGA:


Metode 2 : Paksa Berhenti Dan Hapus Data Whatsapp
Apabila cara pertama tidak berhasil maka lakukan dengan cara kedua. Pada umumnya menghentikan dan menghapus data aplikasi akan membuat Aplikasi tersebut kembali ke pengaturan default. Artinya semua file sementara WhatsApp akan hilang secara permanen seperti basis data, data login, history, cache, setelan, dan lainnya. Untuk login kembali nanti, anda bisa masukkan lagi Nomor telepon dan Password WhatsApp kembali. Untuk menghapus data WhatsApp, silahkan anda ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.



  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “WhatsApp” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.
NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

BACA JUGA:


Metode 3 : Update Aplikasi WhatsApp ke Versi Terbaru
Selain 2 metode diatas, anda juga bisa mencoba dengan metode lain dengan meng-update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru. Apakah WhatsApp android anda muncul pesan bertuliskan bahwa Aplikasi WhatsApp telah kadaluarsa pada tanggalnya. Jika itu benar terjadi, maka cobalah untuk memperbarui aplikasi WhatsApp melalui Google Play Store.

Carilah aplikasi WhatsApp di Google Play Store dan lakukan update pada aplikasi tersebut.


Sumber Image : Play Store
  • Buka Google Play Store, kemudian cari aplikasi “WhatsApp” kemudian anda bisa mencoba untuk tap “Update” dan “Terima”.
BACA JUGA:

Metode 4 : Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Jika semua cara diatas tidak membuahkan hasil maka sekali maka langkah terakhir yang bisa anda lakukan yakni dengan menghapus aplikasi WhatsApp. Anda bisa hapus aplikasi WhatsApp kemudian bersihkan cache dan restart smartphone Android anda. Setelah itu, barulah anda install dengan Aplikasi WhatsApp yang baru langsung dari Google Play Store.



  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “WhatsApp” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.
NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.


Dengan menerapkan beberapa hal diatas, semoga saja nantinya WhatsApp android bisa normal dan bisa dipakai kembali seperti biasanya. Jikapun nantinya tidak bisa dibuka juga maka terpaksa anda harus lakukan factory riset atau mengembalikan Android ke setelan pabrik.

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Whatsapp Error Dan Tidak Bisa Dibuka di HP Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!



Desember 17, 2017

0 comments:

Posting Komentar