Pengertian Valuta Asing dan Fungsinya | Karya Tulis Ilmiah

Minggu, 12 November 2017

Pengertian Valuta Asing - Dalam dunia ekonomi, kita sering kali mendengar ataupun membaca istilah valuta asing baik di dalam berita ekonomi ataupun dalam informasi pasar saham. Bagi para pelaku yang berkecimpung di dunia ekonomi tentunya istilah valuta asing sudah tidak asing lagi di telinga mereka, akan tetapi untuk kebanyakan orang awam istilah ini tergolong cukup asing dan juga absurd.

Lantas apa sih sebenarnya valuta asing itu? Apa sih pengertian valuta asing? Apa saja kah fungsi dari valuta asing bagi sektor ekonomi global? Seperti apakah bentuk valuta asing? Apa saja jenis-jenis valuta asing yang ada di dunia ekonomi?

Defenisi dan Pengertian Valuta Asing
Valuta asing merupakan mata uang yang diakui, digunakan, dipakai, dan juga diterima sebagai alat pembayaran dalam perdagangan internasional. Valuta asing yang banyak dipakai biasanya merupakan mata uang suatu negara yang memiliki peranan ataupun kendali yang cukup besar dalam sistem perekonomian di seluruh dunia. Di seluruh dunia sendiri, valuta asing yang paling banyak digunakan adalah Dollar.

Valuta asing merupakan bagian dari devisa suatu negara. Devisa sendiri merupakan setiap kekayaan yang dimiliki oleh suatu negara yang berada di luar negeri yang wujudnya dapat berupa barang, jasa, atau bahkan mata uang yang digunakan sebagai alat transaksi perdagangan lintas negara. Devisa suatu negara yang berbentuk mata uang ini lah yang sering kita sebut dengan istilah valuta asing.

Fungsi Valuta Asing
Jika dikaji dari pengertian valuta asing di atas, maka fungsi valuta asing adalah sebagai alat pembayaran dalam perdagangan internasional. Jika kita rinci secara lebih mendalam maka valuta asing setidaknya memili 4 fungsi berikut ini :

1. Alat Tukar Internasional
Fungsi valuta asing yang pertama adalah sebagai alat tukar internasional. Seperti yang kita ketahui bersama, uang merupakan alat tukar yang digunakan untuk melakukan pertukaran barang.

2. Alat Pengendali Kurs
Fungsi valuta asing yang kedua adalah sebagai alat pengendali kurs. Kurs mata uang suatu negara sering kali mengalami pergolakan. Nah, dengan pengelolaan tingkat penggunaan sesuatu valuta asing asing tertentu, sebuah negara dapat mengendalikan nilai tukar mata uang mereka dengan lebih mudah.

3. Alat Pembayaran Internasional
Seperti yang telah dijelaskan di atas, valuta asing memiliki peranan yang besar dalam perdagangan internasional yaitu sebagai alat pembayaran yang sah dan diakui oleh kedua belah pihak.

4. Alat untuk Memperlancar Perdagangan Internasional
Dengan menggunakan valuta asing, setiap negara yang ada di seluruh penjuru dunia dapat dengan mudah melakukan aktivitas jual beli tanpa harus terkendala masalah penggunaan mata uang.



November 12, 2017

0 comments:

Posting Komentar